Motif Andalan Batik Solo

Mengunjungi kota seribu budaya memang tidak ada habisnya. Termasuk dalam membahas batik khas kota Solo ini. banyak hal yang unik terdapat di batik solo. Tak heran jika banyak orang yang mencari batik tersebut ketika sedang berkunjung di kota Solo. Banyak sekali hal menarik yang dapat Anda temui ketika berkunjung di Kota Solo. Termasuk sejarah mengenai batik. banyak sekali desain batik solo yang dijual diberbagai tempat di Solo. Namun dari berbagai macam desain yang ditawarkan, hanya ada satu motif batik yang menjadi andalan di kota Solo. Desain motif satu ini juga menjadi ciri khas batik kota tersebut. bahkan motif tersebut menjadi motif satu – satunya yang laris dipasaran. Sedangkan untuk berbagai motif lainnya tetap laku. Namun tidak sekeras dari desain yang satu ini.

batik solo dengan motf Parang Kusumo menjadi desain yang paling laris dipusat oleh – oleh yang berada di Solo. ciri khas dari batik satu ini adalah motifnya cenderung berbentuk diagonal dan batik ini tidak batik cetakan malah batik ini merupakan batik tulis. Yang proses pembuatanya membutuhkan waktu dan ketelitian yang lebih untuk membuat motif batik Parang Kusumo ini. tak heran jika harga batik satu ini bisa dibilang mahal untuk dikelasnya. Motif batik Parang Kusumo ini juga mengandung filosofis tersediri dimana penggunanya khusus hanya untuk garis keturunan rasa saja. Namun untuk di zaman sekarang dengan mengikuti perkembangan zaman batik solo dengan motif andalannya ini dapat digunakan untuk berbagai macam kalangan yang tertarik untuk memakaianya.

Dari banyaknya macam motif batik solo mungkin hanya Parang Kusumo yang meruapakn motif batik dengan posisi motif membentuk sudut diagonal jarang sekali motif batik solo yang membentuk sudut diagonal. Umumnya hanya posisi lurus atau simetris apabia ada pun bentuknya besar – besar seperti halnya batik dengan nuansa religi. Batik dengan motif Parang Kusumo ini sangat laris manis di pasaran wisatawan yang datang ke Solo dan ingin membeli cindramata yang akan dibawa di kota asalnya salah satu yang biki terekesan adalah motif Parang Kusumo ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *